Beranda  > Contoh Siaran Pers Petunjuk
 Bagi  Versi Cetak  Email

Terjemahan lainnya

Contoh Siaran Pers Petunjuk

Adapted from content excerpted from the American Express® OPEN Small Business Network


Pengumuman Kegiatan

Jika perusahaan Anda sedang melakukan suatu kegiatan khusus, pastikan untuk menghubungi pihak pers. Anda dapat menyelenggarakan upacara pembukaan perdana ...mengajar kelas khusus...atau memperkenalkan serangkaian produk baru. Kenyataannya, banyak kegiatan yang dilakukan adalah sekedar sebagai media penciptaan berita... dan membiarkan pers meliput perusahaan. Pikirkan tentang pertunjukan perdana film, yang diadakan untuk menghasilkan publisitas.

Bilamana Anda menuliskan pengumuman peristiwa Anda, pastikan untuk memasukkan alasan mengapa wartawan diundang hadir. Peristiwa tersebut bisa berupa upacara dimana Anda memberikan sesuatu kepada kota... atau penampilan selebriti... atau peragaan khusus. Cobalah membuat pengumuman itu indah dalam foto atau gambar, karena gambar bernilai ribuan kata.

Jika memungkinkan, kirimkan siaran pers sebelum peristiwa bersangkutan, dan kemudian kirimkan sekali lagi yang mencakup foto dari apa yang terjadi. Ini akan menyediakan kesempatan liputan kedua bagi Anda.

Dalam contoh siaran pers, Angelo's Fish House mengumumkan suatu peristiwa khusus. Perhatikan bagaimana "waspada media" (rincian mengenai seluruh peristiwa yang akan mengundang minat wartawan surat kabar, stasiun radio, dan televisi) diberitakan disebelah atas dan terpisah dari badan pemberitaan.

Contoh Pengumuman Peristiwa

Siaran Produk atau Jasa Baru

Siaran produk baru adalah salah satu jenis siaran pers yang paling umum. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengumumkan produk Anda kepada pers, dan Anda juga dapat mengirimkan siaran pers kepada nasabah Anda untuk memberitahu mereka mengenai perkenalan tersebut.

Berhati-hatilah untuk menghindari promosi berlebihan dalam jenis siaran pers ini. Anda perlu menjelaskan cara kerja produk atau jasa Anda dalam bahasa yang mudah dipahami. Anda juga perlu menekankan manfaat dan USP (Unique Selling Proposition) Anda. Dengan kata lain, pastikan untuk membedakan produk Anda dari produk pesaing.

Jika Anda mengirimkan siaran pers seperti ini ke sebuah penerbitan perdagangan - yang ditujukan untuk hadirin bisnis-ke-bisnis -- Anda dapat menekankan manfaat teknis dalam bahasa yang umum untuk industri. Akan tetapi jika Anda membidik hadirin yang lebih umum, usahakan sesedikit mungkin menggunakan bahasa campuran.

Di dalam contoh siaran pers produk baru ini, yang penting adalah urutannya -- bagaimana siaran pers memperkenalkan informasi tersebut. Pokok berita dan anak berita merebut perhatian wartawan dalam beberapa kata. Ayat utama menyentuh berita dengan cepat dan aktif. Kutipan menggarisbawahi tema dari siaran pers. Ayat-ayat berikut menyediakan perincian informasi, menekankan manfaat selanjutnya dari produk tersebut.

Contoh Produk atau Siaran Pers

Siaran Personalia

Bilamana Anda mengangkat seorang manajer baru atau orang penting lainnya, Anda bisa mengeluarkan siaran pers untuk mengumumkannya. Banyak surat kabar dan penerbitan industri lokal mencetak kolom "pengumuman baru". Peristiwa seperti itu juga bisa memuaskan karyawan baru karena melihat bahwa perusahaan tempat mereka bergabung begitu gembira mempekerjakan mereka sehingga mereka mengeluarkan siaran pers.

Dalam suatu siaran pers personalia, Anda ingin memusatkan perhatian kepada SIAPA saja yang diangkat, APA saja yang akan dikerjakan oleh mereka bagi perusahaan, MENGAPA mereka diangkat adalah penting, dan APA saja yang sebelumnya mereka kerjakan.

Sesuaikan informasi tersebut untuk penerbitan kemana Anda akan kirimkan. Misalnya, jika Anda mengirimkan jenis siaran pers ini ke surat kabar setempat, Anda mungkin ingin memasukkan kota asal orang yang baru saja dipekerjakan, dan data pribadi lainnya. Jenis informasi ini tidak penting jika dikirimkan ke penerbitan industri, yang mungkin lebih menyukai informasi tentang keanggotaan asosiasi

Dalam contoh ini, FlagBenders USA telah mengangkat seorang Wakil Presiden baru untuk Penjualan, yang akan mengawasi perluasan perusahaan secara nasional. Perhatikan bagaimana siaran pers tersebut lebih dari sekedar pengangkatan dan untuk menunjukkan dampaknya.

Contoh Siaran Pers Personalia

Nasehat/ Petunjuk Siaran Pers

Yang isinya disukai Orang, dan media adalah bukan pengecualian. Lihat saja popularitas Daftar Top 10 dalam acara David Letterman. Siaran pers yang fokus kepada nasehat dan petunjuk dapat bekerja sangat bagus untuk memposisikan Anda dan perusahaan Anda sebagai sebuah otoritas. Siaran pers mudah dituliskan, menyenangkan untuk dibaca, dan mempunyai kesempatan bagus untuk merebut perhatian redaksi.

Usahakan agar segala petunjuk tetap fokus dan pastikan untuk menekankan kepada manfaat. Seorang tukang roti dapat membantu orang membeli kue yang sempurna; seorang konsultan telekomunikasi dapat menyediakan 10 cara bagi perusahaan untuk menurunkan tagihan telepon jarak jauh mereka; seorang pencuci kering dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana menghilangkan noda-noda tertentu yang membandel.

Dalam siaran pers terlampir, seorang perencana pesta pernikahan menyediakan 5 nasehat untuk memikirkan kapan membeli hadiah pernikahan. Siaran pers ini akan dikirimkan ke sejumlah surat kabar, majalah, acara TV, dan stasiun radio pada saat pesta pernikahan adalah peristiwa yang umum – mungkin sekitar bulan Juni. Nasehat yang diberikan adalah singkat dan praktis, dan dapat segera dicetak. Lagi pula, kutipan berlaku sebagai "pengumuman singkat" dan menunjukkan kalau penulis akan menjadi bahan wawancara yang bagus untuk radio atau stasiun televisi. “Catatan bagi Editor” pada bagian akhir menegaskan bahwa penulis siap diwawancarai.

Contoh Nasehat dan Petunjuk bagi Siaran Pers

Siaran Pers Komentar

Perkembangan berita terkini mungkin dapat mempengaruhi nasabah Anda, dan Anda dapat menggunakan siaran pers untuk menyatakan posisi Anda dan menunjukkan bagaimana perusahaan Anda akan menanggapi peristiwa seperti itu. Sekalipun jenis siaran pers ini tidak selalu mengundang orang untuk menulis mengenai perusahaan Anda secara khusus, siaran tersebut akan meningkatkan kesempatan akan dihubungi wartawan untuk dimintai kutipan atau informasi yang akan menjadi bagian dari artikel yang lebih luas.

Anda dapat menggunakan jenis siaran pers ini untuk memposisikan diri Anda sendiri sebagai seorang ahli. Jika Anda mengusahakan kursus komputer, Anda mungkin ingin menerbitkan siaran pers yang mengomentari sistem operasional yang baru; seorang konsultan perawatan kesehatan mungkin ingin mengomentari peraturan asuransi kesehatan yang baru. Ini juga dapat membantu kalau media mencari sudut pandang setempat terhadap berita nasional -- mereka sering ingin mengetahui bagaimana peristiwa-peristiwa global mempengaruhi perusahaan-perusahaan lokal. Misalnya, jika Anda menjalankan perusahaan ekspor-impor, Anda mungkin bisa mengomentari pengaruh dari suatu perjanjian perdagangan internasional yang baru.

Dalam contoh ini, The Green Way, yang menyiapkan program daur-ulang bagi perusahaan, telah mengeluarkan siaran pers yang mengomentari peraturan lingkungan hidup yang baru. Walaupun perusahaan tersebut tidak ada hubungannya dengan pembuatan peraturan tersebut, siaran pers tersebut menunjukkan keahliannya sehingga wartawan yang menulis mengenai peraturan yang baru itu akan mendatangi mereka untuk memperoleh masukan, dan perusahaan-perusahaan yang perlu memenuhi peraturan tersebut akan menganggap Green Way sebagai ahli sesungguhnya.

Contoh Siaran Pers Komentar


Copyright © 1995-2014, American Express Company. All Rights Reserved.

 Bagi  Versi Cetak  Email
Rating (0)
If you are a human, do not fill in this field.
Klik bintang untuk menilai.
  

 

Komentar