Beranda  > Bagaimana Membiayai Bisnis Anda
 Bagi  Versi Cetak  Email

Terjemahan lainnya

Bagaimana Membiayai Bisnis Anda

Provided by My Own Business, Content Partner for the SME Toolkit


 

[Kembali ke atas]

Yang Pertama-tama

Uang membuat bisnis Anda berjalan. Tetapi jangan mencoba pergi ke bank untuk mendapatkannya apabila Anda baru saja memulai bisnis. Bank biasanya hanya memberikan pinjaman untuk bisnis yang memiliki riwayat operasional. Bagian ini akan memberikan Anda beberapa alternatif, beberapa strategi, dan beberapa hal kepada Anda untuk dipikirkan kalau Anda berusaha menemukan uang untuk menjalankan bisnis Anda.

Peringatan pertama kami adalah bahwa tabungan pribadi harus dianggap sebagai sumber utama pembiayaan untuk memulai bisnis. Jika Anda belum mulai, mulailah sekarang dengan mengumpulkan uang melalui tabungan pribadi..

Juga, jangan abaikan program jaminan pinjaman Small Business Administration (SBA) yang tersedia untuk bisnis yang baru dimulai. Dengan kesiapan program jaminan SBA, bank Anda akan senang berbicara dengan Anda! Bacalah bagian Sumber Daya untuk memperoleh informasi lebih banyak.

[Kembali ke atas]

Berapa Banyak Uang yang Anda Butuhkan?

Atau, berapa banyak uang yang menurut Anda layak untuk diperoleh? Jangan terlalu bergembira – ini bukan kesempatan bagi Anda untuk minta satu juta Rupiahs kalau Anda hanya membutuhkan Rp50.000. Bacalah kembali rencana bisnis Anda. Apabila rencana bisnis masih belum menyediakan jawaban atas pertanyaan tersebut, marilah berjalan selangkah demi selangkah.

Untuk apa Anda membutuhkan uang?

  • Pembelian persediaan dan inventaris sambil menunggu diterimanya pembayaran
  • Pembayaran upah dan sewa
  • Pembelian peralatan dan perlengkapan tetap
  • Perolehan komputer
       ATAU
  • Pembelian bisnis

Prioritaskan segala bidang dimana pilihan Anda adalah terbatas untuk membayar dengan uang tunai, dan kajilah kemungkinan cara alternatif yang lain. Misalnya, tidak perlu membayar seluruhnya secara tunai untuk truk pengantar barang kalau Anda bisa menyewa atau mengadakan sewa-guna-usaha. Berikutnya, kajilah apa saja yang bisa dijadikan agunan untuk pinjaman Anda. Sebagian kredit diberikan tanpa agunan, seperti kartu kredit, namun kebanyakan pinjaman bisnis kecil dijamin dengan aset dari bisnis Anda, atau aset pribadi atau dua-duanya. Tidak terjamin artinya tidak ada agunan yang diserahkan untuk pinjaman dimaksud. Contoh untuk pinjaman tidak terjaminan adalah:

  • Kartu kredit
  • Fasilitas kredit tidak terjamin (seperti yang Anda terima melalui surat)
  • Teman atau kerabat

Pinjaman yang terjamin artinya ada aset yang digadaikan untuk mengamankan pembayaran kembali seandainya Anda tidak mampu membayar. Beberapa contoh untuk pinjaman dengan agunan adalah:

  • Sewa-guna-usaha komputer
  • Hak tanggungan rumah
  • Sewa atau sewa-guna-usaha mobil
  • Pinjaman Small Business Administration (SBA)

Jenis umum dari agunan adalah modal di dalam rumah Anda, piutang dagang, inventaris bisnis dan perlengkapan. Pemberi pinjaman akan mengevaluasi agunan untuk menetapkan berapa banyak uang yang dapat mereka pinjamkan dengan penyerahan agunan dimaksud. Beberapa variabel utama untuk mengetahui jenis persyaratan pinjaman yang diterapkan untuk Anda adalah:

  • Jumlah tahun dalam bisnis – Ini merupakan catatan rekam-jejak dan sangat penting. Bank biasanya memerlukan tiga tahun sedangkan pihak lain kurang begitu ketat.
  • Ukuran perusahaan Anda dan jumlah yang dibutuhkan– Lembaga pembiayaan berbeda-beda dalam cara mereka melayani publik. Misalnya, Anda mungkin tidak akan memperoleh pinjaman untuk mobil dan pinjaman korporasi besar dari tempat yang sama. Lakukan penelitian Anda. Tanyakan ke sekitar. Dapatkan yang Anda inginkan.

[Kembali ke atas]

Pinjaman (Hutang) lawan Investasi (Modal)

Kesaksian
John Marder
Bankir
“Salah satu kesalahan terburuk yang Anda bisa lakukan adalah meminta uang lebih banyak daripada yang mampu Anda bayarkan kembali”.
Transkripsi - html

Anda mungkin sudah kenal dengan pinjaman langsung (hutang) di mana pemberi pinjaman mendapatkan bunga dan provisi.

Modal adalah dimana uang yang diberikan menghasilkan bunga untuk investor atas kepemilikannya. Ini umum terjadi pada penjualan saham ke sejumlah investor atau partisipasi oleh pemilik modal ventura. Penjualan saham berada dibawah pengaturan ketat dari lembaga-lembaga negara bagian dan federal dan Anda akan membutuhkan bantuan pengacara badan hukum. Biasanya penjualan perdana saham kepada publik (penawaran saham perdana atau initial public offering atau IPO) ditangguhkan hingga tersusunnya riwayat pendapatan.

Terkadang pembahasan seperti itu muncul di kalangan teman dan kerabat yang mau menjadi mitra Anda. Pertimbangkan hal ini dengan hati-hati karena mereka nantinya akan mengambil bagian dalam kenaikan nilai bisnis dan mempunyai hak suara.

Pembahasan di sini tidak mencakup semua aspek dari hutang dan modal. Jadi, berhati-hatilah! Ahli hukum dan akuntan Anda adalah sumber yang layak untuk mencari informasi lebih banyak tentang subyek ini.

[Kembali ke atas]

Kemana Mendapatkan Uang

Bagan di bawah ini menunjukkan beberapa perbedaan antara beberapa macam pemberi pinjaman. Persyaratan akan bervariasi dari satu peminjam ke peminjam yang lain; ringkasan dalam bagan tersebut hanya dimaksudkan untuk contoh dan memberikan ide kepada Anda mengenai apa yang diharapkan kalau mencari uang dari beberapa sumber yang berbeda. Hal-hal penting yang perlu dipertimbangkan:

  • Biaya
  • Program pembayaran kembali
  • Ukuran pinjaman

Sebagian pro dan kontra dari beberapa pemberi pinjaman yang berlainan diuraikan secara singkat dibawah. Ada satu karakteristik umum di antara keuntungan dan kerugian itu. Sebagai seorang pengusaha, maka Anda secara hukum wajib bertanggung jawab secara pribadi atas pemenuhan kewajiban kredit dari bisnis Anda. Tanda memandang bentuk hukum organisasinya (dibahas di Sesi 4), pemberi pinjaman akan memiliki dokumentasi untuk menghindari struktur organisasi. Ini biasanya disebut jaminan pribadi. Jangan panik! Jaminan pribadi sangat umum dijumpai.

Jenis

Biaya

Jangka Waktu Pembayaran Kembali

Ukuran

Keuntungan

Kerugian

Tabungan Pribadi

Tanpa biaya

Tidak ada

 

Mudah, murah

Risiko Kerugian

Teman & Keluarga

Biasanya suku bunganya bagus atau tidak ada

Sangat fleksibel

 

Fleksibel, nilai terbaik

Dapat menimbulkan persilisihan

Hak Tanggungan Rumah – Tradisional atau Pendukung

7-9%

8-14% untuk pinjaman modal

Sangat panjang dan fleksibel

80-100% + dari nilai rumah yang dijadikan agunan

Termurah, jangka waktu terpanjang

Rumah Anda berada dalam bahaya apabila terjadi gagal membayar

Kartu kredit

16-23%

40-60 bulan

3,000-10,000

Syarat mudah, tanpa agunan

Jumlah kecil

Pemasok

Tanpa biaya

30 hari +/-

 

Murah, tidak terjamin

Jangka pendek

Pemilik tanah dan bangunan

Menambah biaya sewa

Melampaui jangka waktu sewa-guna-usaha

 

Mencadangkan uang tunai untuk aset yang tidak Anda dapat bawa bersama Anda

Sulit diperoleh; aset yang diperoleh biasanya hanya bagus untuk satu lokasi; sulit dipindahkan

Modal ventura

25-40%

5-7 tahun

Rp500,000+

Dapat diperoleh dalam jumlah besar

Sangat sulit diperoleh; milik bersama

Hak tanggungan komersial

7-9%

Pembayaran 25 tahun; seluruhnya jatuh tempo dalam 10 tahun

Rp300,000+; 75% dari penaksiran

 

 

Pemberi pinjaman khusus (tenaga ahli industri, mobil, pialang bisnis, teknologi tinggi, perlengkapan khusus, komputer, telepon, dll.)

12-18%

5-7 tahun

Bervariasi

Dapat diakses melalui penyalur, yang terdorong menjual perlengkapan atau bisnis; jangka waktu pembayaran kembali lebih menyenangkan daripada bank

Kewajiban pembayaran bunga bisa tinggi

Perusahaan sewa-guna-usaha

12-18%

5-7 tahun

Bervariasi

Sama dengan diatas; juga pembiayaan 100%

 

SBA

7-9%

7-20 tahun

Rp50,000-1,000,000

Pembayaran kembali terpanjang untuk pinjaman lain dari pinjaman untuk pembelian tanah dan bangunan

Dapat menjadi proses yang rumit

Perusahaan pembiayaan

14-30%

1-3 tahun

Rp100,000+

Sebuah alternatif pada saat Anda tidak punya banyak pilihan

Mahal; memilih-milih dalam hal agunan

Bank

6-9%

1-5 tahun

Rp50,000+

Pada umumnya paling murah

Pada umumnya paling sukar untuk memenuhi syarat

[Kembali ke atas]

Seni Menghasilkan Uang

Ini dimulai dengan mengetahui apa saja yang dikehendaki oleh pemberi pinjaman. Cara yang paling umum adalah hanya bertanya. Cara lebih baik adalah minta pendapat seorang teman atau penasehat bisnis seperti CPA Anda.

Untuk pinjaman bisnis, beberapa hal yang paling umum adalah:

  • Laporan keuangan bisnis
  • Laporan pajak bisnis
  • Rencana Bisnis dengan anggaran atau proyeksi
  • Laporan keuangan pribadi
  • Laporan pajak pribadi

Langkah kedua adalah siap menjawab segala pertanyaan perihal bisnis Anda, dan siap untuk menyoroti kinerja keuangan Anda baik di masa lalu maupun di masa depan. Anda akan lebih merasa terkesan jika Anda telah mencermati dan menjadi akrab dengan rencana Anda. Ajaklah akuntan Anda apabila Anda membutuhkan bantuan.

Bersiaplah untuk memberitahu mereka mengapa Anda membutuhkan uang tersebut. “Saya hanya membutuhkan uang," tidak membangkitkan rasa kepercayaan atau kenyataan bahwa Anda telah mempertimbangkan segala aspek. Pada awal sesi ini Anda telah mempelajari sejumlah tujuan yang berbeda. Berikan sebagian perincian kepada mereka.

Usulkan rencana pembayaran kembali. Beberapa contoh dari struktur yang berbeda adalah:

  • Sebuah fasilitas kredit, dengan jangka waktu pembayaran kembali menurut kebijaksanaan Anda namun bisa diperpanjang setiap tahun oleh bank
  • Pinjaman dengan angsuran bulanan selama ___ tahun dimulai pada tanggal ___.

Kebanyakan tempat mempunyai beberapa fleksibilitas. Calon pemberi pinjaman menghargai bahwa Anda berpikir perihal membayar mereka kembali daripada hanya berpikir perihal mendapatkan uang.

Beberapa petunjuk lain yang perlu diingat:

  • Tidak usah dikatakan bahwa dengan berpakaian baik dan rapi dalam penampilan pada pertemuan dengan pihak bank akan berdampak positif.
  • Kebanyakan pemberi pinjaman (termasuk SBA) ingin melihat rencana bisnis Anda.
  • Usahakan agar pemberi pinjaman selalu mengetahui status terakhir dari bisnis Anda: hal yang baik dan yang buruk.
  • Jika Anda tidak dapat membayar kembali pinjaman pada waktunya, sebelumnya beritahu pemberi pinjaman Anda, dan beritahu kesulitan yang ada dan mintalah penangguhan yang Anda butuhkan. Jelaskan sumber pembayaran kembali.
  • Biasanya semua pemberi pinjaman akan melakukan pemeriksaan terhadap tabungan pribadi dan kredit perusahaan melalui sebuah perusahaan bernama TRW atau melalui cara yang lain. Bersiaplah untuk membahas segala persoalan/permasalahan kredit sebelumnya. Akses terbaik kepada pemberi pinjaman adalah melalui referensi. Pemberian pinjaman adalah bisnis masyarakat. Mintalah CPA atau ahli hukum atau teman Anda untuk memperkenalkan Anda kepada seorang pemberi pinjaman.
  • Hal pertama yang akan menghantui pemberi pinjaman atau investor adalah ketakutan yang disebabkan Anda terlalu “membesar-besarkan” dan tidak “apa adanya”. Hindari memberi kesan sebagai operator yang terlampau optimis, atau seorang yang mempunyai harapan yang tidak realistis.
  • Kebanyakan bisnis yang baru dimulai tidak menyediakan tempat yang terlalu mewah. Pemberi pinjaman Anda mungkin akan lebih tertarik mengetahui bagaimana uang mereka yang sedang digunakan untuk menumbuhkan bisnis Anda.
  • Jangan tergantung pada bank untuk meminjam uang untuk memulai bisnis. Kebanyakan bisnis kecil didanai oleh tabungan pribadi.
  • Lakukan penilaian secara cerdas untuk meminimalkan risiko Anda dan untuk membatasi kerugian hingga batas yang telah ditetapkan.
  • Para pemasok dan penjaja Anda bisa menjadi sumber pembiayaan. Misalnya, apabila Anda perlu memasang papan nama usaha yang diterangi cahaya di muka toko Anda, perusahaan yang Anda perintahkan untuk membuat papan nama bisa menyediakan pembiayaan sehingga Anda dapat mengangsur setiap bulan daripada membayar seluruhnya secara tunai. (Mereka membutuhkan bisnis Anda.) Beberapa contoh:
    • Jangka waktu pembayaran yang lebih panjang
    • Bantuan untuk pemasangan iklan dan pemasaran
    • Penyediaan atau pembiayaan perlengkapan, papan nama, atau inventaris.
    • Program pemasangan iklan dan promosi
  • Barter, yaitu perdagangan tukar menukar barang dagangan, dapat menyediakan sumber pembiayaan. Misalnya, iklan yang Anda pasang di surat kabar lokal mungkin bisa dibayar dengan roti gulung yang Anda buat!

[Kembali ke atas]

Setelah Anda Memperoleh Uang

Memperoleh uang barulah langkah pertama. Anda harus berusaha keras untuk menjadi nasabah yang baik sehingga dapat menikmati kerjasama jika Anda kelak membutuhkan bantuan. Nasabah yang baik selalu memegang janjinya. Pastikan Anda memahami persyaratan dan mengerjakannya sebaik mungkin. Dalam hubungan bisnis, pemberi pinjaman akan meminta laporan keuangan secara teratur, yang harus Anda siapkan secara tepat waktu.

Kontrak mungkin dibutuhkan. Kontrak adalah perjanjian tertulis didalam mana Anda berjanji memenuhi sejumlah kewajiban khusus seperti penyampaian piutang dagang Anda berdasarkan tanggal jatuh tempo piutang. Laporan berdasarkan tanggal jatuh tempo piutang akan menunjukkan kepada pemberi pinjaman apakah semua nasabah kredit Anda membayar dengan tepat waktu atau tidak.

Bersikaplah proaktif. Hubungi mereka jika ada kesulitan. Pastikan bahwa Anda tetap berhubungan bahkan kalau tidak ada kabar yang baru. Berpindahlah ke tingkat yang lebih tinggi di dalam organisasi.

[Kembali ke atas]

Kegiatan

Sumber pembiayaan dapat muncul dari pelbagai sumber yang tidak terduga: Sebutkan sedikitnya lima dari antara mereka:

  1. ________________________________
  2. ________________________________
  3. ________________________________
  4. ________________________________
  5. ________________________________
Beberapa kemungkinan jawabannya adalah:
  • Pemasok: Mintalah jangka waktu pembayaran yang lebih panjang.
  • Pemilik tanah dan bangunan Anda: Mintalah kepadanya untuk menyediakan Anda dengan pelbagai kemudahan penyewa.
  • Nasabah Anda: Mintalah untuk pembayaran tunai atau pembayaran segera.
  • Investasi modal: Mintalah kepada pemasok perlengkapan tetap, peralatan, dan papan nama untuk membiayai seluruh pembelian Anda. Mereka akan senang melakukannya agar dapat memperoleh bisnis Anda.

[Kembali ke atas]

Rencana Bisnis untuk Sesi 8: Bagaimana Membiayai Bisnis Anda

Kami sungguh-sungguh menganjurkan Anda untuk men-download template rencana bisnis untuk sesi ini, yaitu Template Rencana Bisnis Dokumen 8, dan melengkapinya sekarang.

Bagian 8: Pembiayaan
File Microsoft Word MS Word

Petunjuk pengisian template rencana bisnis:

  1. Setiap kotak mempunyai judul tetap dalam HURUF BESAR
  2. Di bawah setiap judul ada kalimat yang berawalan kalimat "Insert here. Ini menganjurkan dimasukannya informasi. Kotak ini akan membesar sesuai dengan semakin banyaknya informasi yang Anda masukkan, jadi jadi gunakanlah semua ruang yang Anda butuhkan.
  3. Setelah melengkapi setiap kotak, hapus kalimat "Sisipkan di sini", sehingga tinggal judul tetap dan informasi yang Anda masukkan saja yang berada di dalam kotak.

Kami anjurkan agar Anda mengisi setiap bagian dari rencana bisnis
sambil terus mengikuti pelatihan.

Template untuk seluruh sesi 1-12 juga dapat di-download ke dalam komputer Anda sebagai sebuah dokumen tunggal.

Bagian 1-12: Semua
File Microsoft Word MS Word

Masukkan hasil temuan riset dan materi latar belakang secukupnya. Buatlah semenarik mungkin dalam menyajikan data latar belakang, biografi Anda, bagan-bagan, data demografi dan data riset. Bilamana rencana bisnis Anda sudah lengkap, cetaklah dan kumpulkan ke-12 bagian tersebut.

Banyak format rencana bisnis lain yang tersedia di perpustakaan, toko buku, dan dalam bentuk perangkat lunak.

[Kembali ke atas]

Kuis untuk SESI 8: Bagaimana Membiayai Usaha Anda

  1. Sumber uang terbaik untuk memulai bisnis saya adalah:
    1. Bank
    2. Tabungan saya
    3. Menjual saham kepada teman-teman saya atau kepada publik
  1. Anda ingin memulai bisnis yang membutuhkan uang dalam jumlah besar. Usaha tersebut dapat gagal jika keadaan berubah. Bankir Anda akan memberikan pinjaman kepada Anda tetapi menginginkan jaminan pribadi Anda dan rumah Anda sebagai agunan. Anda harus:
    1. Memulai dengan sangat sedikit uang tanpa hutang bank.
    2. Sifat seorang wirausahawan adalah bersedia mengambil risiko menggunakan uang pribadi dan keluarganya: lakukan saja.
  1. Rencana bisnis Anda akan menjadi alat penting dalam program pembiayaan Anda. Anda akan menggunakannya ketika berhadapan dengan bankir, pemasok, pemilik tanah dan bangunan, dan bahkan pelanggan. Mengapa rencana bisnis yang disiapkan dengan sangat teliti begitu penting dalam mencapai tujuan pembiayaan Anda?
    1. Untuk memberi kesan kepada mereka tentang tujuan ambisius Anda
    2. Untuk meyakinkan kembali kepada mereka tentang konservatisme bisnis Anda
  1. Anda belum membayar angsuran pinjaman kepada bank Anda dan merasa bahwa Anda tidak sanggup membayar pada waktunya. Anda harus:
    1. Melakukan pembayaran sesegera mungkin sekalipun sudah terlambat.
    2. Sebelumnya hubungi pemberi pinjaman Anda dan beritahu kepadanya bahwa Anda akan terlambat membayar.
    3. Sebelumnya hubungi pemberi pinjaman Anda, beritahu kepadanya mengenai kesulitan Anda, dan minta perpanjangan waktu pembayaran, termasuk penjelasan mengenai sumber pembayaran kembali.
    4. Hubungi pemberi pinjaman dan minta agar pinjaman tersebut dirundingkan kembali.
  1. Nasehat TERBURUK dalam berhubungan dengan pemberi pinjaman adalah:
    1. Jangan pernah terlalu berlebihan, dan biarkan pemberi pinjaman terlibat di dalam rencana pertumbuhan Anda.
    2. Bangkitkan harapan yang tinggi dan sembunyikan berita buruk daripadanya.
    3. Sampaikan kekhawatiran Anda kepada pemberi pinjaman.
  1. 6. Anda bisa memperoleh dukungan tambahan dari sejumlah sumber pemberi pinjaman dengan:
    1. Selalu memberitahu mereka mengenai segala hal yang baik dan yang buruk.
    2. Sampaikan berita yang bagus saja.
    3. Gunakan filsafat “tidak ada berita berarti kabar bagus”.
  1. Cara PALING KECIL apa dari bisnis baru Anda yang bisa dibantu dibiayai oleh seorang pemasok?
    1. Memperpanjang jangka waktu pembayaran kembali.
    2. Menjamin kewajiban sewa-guna-usaha Anda.
    3. Menyediakan atau membiayai perlengkapan atau papan nama Anda dengan persyaratan menarik.
    4. Menyediakan pemasangan iklan dan promosi tanpa biaya.
  1. Kewajiban pribadi untuk pinjaman bisnis dapat dihindari dengan mengatur bisnis sebagai badan hukum.
    1. Betul
    2. Salah
  1. Pembiayaan modal berarti:
    1. Uang dipinjam dengan dasar (“modal”) yang adil.
    2. Pinjaman uang yang dibayar kembali dalam angsuran.
    3. Uang yang tinggal di bisnis sebagai bukti kepentingan kepemilikan.
  1. Kebanyakan sumber pemberi pinjaman (misalnya, SBA) mempersyaratkan penyampaian rencana bisnis.
    1. Betul
    2. Salah

 

Lanjutkan ke Sesi 9: E-Commerce

 

Copyright © 1993, 1997-2014, My Own Business, Inc. All Rights Reserved.
 Bagi  Versi Cetak  Email
Rating (0)
If you are a human, do not fill in this field.
Klik bintang untuk menilai.
  

 

Komentar